Breaking News

Senin, 12 September 2011

Tips Memperbaiki Grub Loader

Posting kali ini saya akan memberikan tips tentang bagaimana memperbaiki grub loader tanpa harus instal ulang atau repair system.. Posting ini saya buat karena terinspirasi oleh teman saya yang laptopnya diinstal dual boot system yakni Windxxxx dan Linux..

Temen : Grub loader system tidak bisa di load, malah yang muncul kayak gini nih :

Unknown file system
Grub rescure >


Temen : Gimana dunk mas ...
Aku : Tadi kamu apain ???
Temen : Dilaptop aku kan masih ada free space harddisk yang gak kepake..Nah aku
hapus aja partisinya.. Udah itu aku restart laptopnya.. Eeeehh malah grub
loadernya gak bisa..
Aku : Ok deh.. Tinggalin aja laptopnya dikamar, aku mau pergi, ntar aku beresin.. Hehe padahal mau nanya di mbah aku..

Dalam hati berkata :
Wuiiihh gimana ya.. Hehe cos aku juga lum pernah perbaiki error kayak gitu.. Cos komputer di kos cuma instal satu SO aja..

Aku : Tapi aku bilang aja ama temen aku.. Tenang pasti bisa diperbaiki.. Walaupun sebenarnya lum tahu.. Heheh sok tau ya..

Mungkin ada di antara rekan-rekan yang mengalami hal seperti di atas.. So lo pengen tahu gimana ngatasinnya lanjut deh baca tulisan nie ampe kelar.. Okey..

Untuk memperbaiki grub boot loader yang boot rescure atau error lah.. atau yang muncul malah Unknown file system, Anda atau rekan-rekan sekalian bisa mencoba tips berikut :

Jika menginstal dual boot system, yang muncul kan harusnya gini nih ya pass booting sebelum masuk salah satu system yang terinstal :

Eh malah yang muncul tulisan kayak gini nih..??
Unknown file system
Grub rescure >

gimana hayooo.. Lo yang udah pengalaman sih no problem kali ya.. Tapi yang awam mesti bingung.. Ya gak.. Kayak aku nih... Hehe

Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Grub rescure > ls
  2. kemudian tekan enter Nanti akan muncul ada hd0/ hd0,5/ hd0,6/ hd0,8 dst
  3. Grub rescure > set root=hd0,5
  4. Tekan enter
  5. Grub rescure > set prefix=(hd0,5)/boot/grub
  6. Tekan enter
  7. Grub rescure > insmod (hd0,5)/boot/grub/normal.mod
  8. Tekan enter Cat : jika yang muncul tulisan Uknown file syste, maka gantilah hd0,5 mungkin dengan hd0,6 sampai setelah tekan enter tidak muncul Uknown file system
  9. Grub rescure > normal
  10. lalu tekan enter

Setelah melakukan langkah ke 5.. taraaaa.. Udah normal lagi grub loadernya.. Assyykkk.. Eits .. Jangan senang dulu.. Tu lum selesai lo.. Lo restart lagi bakal muncul lagi Grub rescure tuh..

Untuk memperbaiki grub loader secara permanen, Masuklah ke Windows, jika yang Anda Instal windows.., kemudian buat partisi di partisi yang Anda hapus atau delete sebelumnya. Setelah membuat partisi,terus restart deh.. Dijamin deh grub loader gak masalah lagi..
Ok.. semoga bermanfaat and bisa membantu..Selamt mencoba... Jangan lupa komentar ya...

2 komentar:

  1. Pustaka flash : Yups.. Thanks.. Itu dari pengalaman kemarin gan.. aku share aja disini.. hehe.. semoga membantu yak..

    BalasHapus

Ditunggu komentarnya... Thanks..!!!

Designed By VungTauZ.Com
Ganti Dengan Kode Widget Popup Facebook Like Box diatas