Breaking News

Sabtu, 10 September 2011

Tips Memilih Perguruan Tinggi Yang Tepat

Lama juga tidak posting di blog.. Kali ini saya akan coba membahas mengenai Tips memilih PTN/PTS yang tepat. Tiga hari pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UAN) membuat para siswa/siswi SMA/SMK dan sebagainya harus menguras energi untuk belajar demi satu kata LULUS. Yap.. Bagaimana tidak, menjalani rutinitas belajar dibangku sekolah selama 3 tahun ditentukan oleh 3 hari. Hmm... Lo sampai tidak lulus, waduuuuhhh mau pingsan deh rasanya. Malu men.. Hehehe..

Jakarta, CyberNews. Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh menyatakan, kelulusan peserta Ujian Nasional (UN) SMA/MA Tahun Ajaran 2010/2011 mencapai 99,22 persen. "Dari 1.461.941 peserta UN SMA/MA, jumlah peserta yang lulus sebanyak 1.450.498," katanya, Jumat (13/5).

Sementara sebanyak 11.443 siswa atau 0,78 persen tidak lulus. Menurutnya, dibandingkan angka kelulusan tahun lalu, ada kenaikan jumlah kelulusan. Pada UN tahun lalu, kelulusannya adalah 99,04 persen. Itu merupakan gabungan ujian utama dan ujian ulang.

Menurut data awal, kata dia, peserta UN sebanyak 1.476.575 siswa. Namun dalam perjalanan, sekolah yang memasukkan nilai sekolah sebanyak 1.467.058 atau 99,36 persen. "Ada 9.517 atau 0,64 persen nilai sekolah yang tidak dimasukkan. Bisa jadi, ada yang 'drop out' atau bekerja," jelasnya.

Dia juga mengatakan, dari sebanyak 1.467.058 siswa, yang tidak mengikuti UN sebanyak 5.117 orang atau 0,35 persen. "Sementara, provinsi yang paling banyak tidak lulus dari sisi prosentase adalah Nusa Tenggara Timur. Sedangkan paling banyak lulus adalah Bali," tuturnya.

Sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2011/05/13/85569

Dari kutipan diatas, jelas terlihat bahwa tingkat kelulusan UAN 2010/2011 tidak mengecewekan. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah "Mau kemana setelah lulus? Atau Saya mau melanjutkan studi di PTN/PTS mana ya yang tepat? ".. Seringkali pertanyaan itu muncul di sebagian siswa/siswi yang lulus. Namun, bagi mereka yang mungkin telah lulus tes melalui jalur SPMB ya no problem.. Tapi yang belum?? Nah dari itu saya coba kasih tips-tips berikut ini.. And harapan saya semoga dapat membantu rekan-rekan yang ingin melanjutkan studi lebih tinggi.. Ok langsung aja ya..

Untuk memilih perguruan tinggi yang sesuai dan ideal tidaklah terlalu sulit, namun banyak diantara siswa/siswi SMA/MA setelah lulus merasa kesulitan untuk menentukan pilihan yang tepat. Untuk itu diharapkan bagi para siswa/siswi SMA/MA yang hendak melanjutkan ke bangku kuliah untuk bisa menggali sumber-sumber informasi yang tepat sebelum menentukan pilihan. Karena jika informasi yang diperoleh masih minim, ini bisa berakibat pada putusnya studi di tengah jalan atau bahkan pindah tempat kuliah. Ini tentu disayangkan, karena biaya yang harus dikeluarkan juga tentunya bisa bertambah.

Sebelum menentukan pilihan perguruan tinggi yang sesuai dan ideal dengan keinginan Anda, ada baiknya Anda mengajukan pertanyaan mendasar berikut ini kepada diri Anda dengan harapan agar Anda tidak tersesat di tengah jalan. Adapun beberapa pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut:
  • Kenali jurusan/bidang studi apa yang sesuai dengan minat dan bakat Anda
  • Perguruan tinggi mana yang sesuai dengan bidang studinya
  • Peringkat kampusnya baik ditingkat lokal maupun nasional
  • Kenali lingkungan kampusnya terlebih dahulu
  • Dan yang paling penting berapa biaya kuliah dan biaya hidup selama kuliah

Dari beberapa pertanyaan di atas dapat kita simpulkan beberapa hal sebagai berikut :
  1. Minat
  2. Kenali dan pikirkan apa yang menjadi keinginan (minat) bakat Anda. Jurusan apa yang ingin Anda masuki. Jika Anda sudah mengetahui lebih awal, maka merupakan satu point buat Anda dan Anda akan lebih mudah untuk menentukan universitas/pts mana yang akan Anda pilih. Ini memungkinkan karena masing-masing dari universitas memiliki spesialis jurusan. Jika Anda merasa kesulitan dalam memilih jurusan, ada baiknya Anda mendiskusikannya terlebih dahulu dengan kerabat, keluarga atau teman-teman atau dengan senior Anda.
  3. Jarak
  4. Yang kedua adalah selain minat adalah jarak. Jarak kampus dari rumah yang terlalu jauh tentu akan berakibat pada pengeluaran yang lebih banyak baik dari segi ongkos, waktu dan tenaga. Nah ada baiknya untuk menangani hal jarak ini yakni dengan indekos atau ngekos.
  5. Keuangan
  6. Nah ni dia. Lo udah masuk urusan duit gak ada habisnya. So Anda sebaiknya mengatur terlebih dahulu keuangan Anda. Fikirkan biaya kuliah yang harus dikeluarkan jika memilih perguruan tinggi atau universitas. Selain itu biaya hidup juga harus diperhitungkan. Ada baiknya juga mencari informasi, atau menyelidiki berapa besar biaya kuliah sebelum benar-benar menjatuhkan pilihan pada suatu perguruan tinggi. Selain itu carilah informasi tentang beasiswa yang mungkin ditawarkan oleh PT tersebut.
  7. Dan Perguruan Tinggi
    Jangan sampai Anda salah pilih yang berujung pada Anda sendiri. Selidikilah perguruan tinggi yang akan Anda masuki dan cari lebih informasi terlebih dahulu. Cari informasi mengenai jurusan atau bidang studi yang ditawarkan telah terakreditasi atau belum. Fasilitas apa saja yang ada dan bagaimana prosfek lulusan atau alumni dari perguruan tinggi tersebut. Tidak ada salahnya juga Anda mencari informasi dari teman atau tetangga Anda yang mungkin anaknya kuliah di PT tersebut.
Demikian beberapa tips bagi Anda siswa/siswi SMA/MA yang telah lulus UAN dan hendak melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda. Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar. Terima Kasih.. Dikutip dari beberapa sumber

2 komentar:

Ditunggu komentarnya... Thanks..!!!

Designed By VungTauZ.Com
Ganti Dengan Kode Widget Popup Facebook Like Box diatas